Jenis Cek Gula Darah dan Cara Membaca Hasil Tesnya

0 Comments

Dikutip dari sehatQ.com ada berbagai jenis tes yang digunakan untuk memeriksa gula darah Anda, lho. Setiap tes memiliki arti berbeda. Jika Anda menderita diabetes, tes gula darah biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah kesehatan Anda selalu aman dan terkendali. Bagaimana Anda dapat membaca hasil tes gula darah? Apa yang membedakan setiap tes gula darah? Berikut ini informasi lengkapnya. Untuk mengetahui apakah gula darah Anda normal, ada beberapa tes darah yang biasanya dilakukan. Tes darah ini secara rutin dilakukan oleh penderita diabetes untuk dapat mengetahui apakah penyakitnya masih terkendali atau sebaliknya sebelum untuk menentukan tindakan medis lebih lanjut. Setiap tes glukosa darah memiliki metode dan kadar normal yang berbeda. Berikut adalah beberapa pemeriksaan glukosa darah yang sering dilakukan.

1. Tes gula darah puasa

Pemeriksaan ini mengharuskan Anda untuk diberitahu terlebih dahulu. Puasa yang disarankan biasanya berlangsung sekitar. 8 jam Karena gula darah puasa diperiksa di pagi hari, pasien diminta untuk tidak makan atau minum di tengah malam. Sejauh ini, studi gula darah puasa telah dianggap sebagai studi yang cukup dapat diandalkan untuk mendiagnosis diabetes.

2. Tes glukosa darah pasca-prandial 2 jam (PP)

Tes gula darah yang tertunda 2 jam merupakan kelanjutan dari tes gula darah biasa. Jadi jika Anda mendapatkan tes darah setelah puasa 8 jam, Anda akan diminta untuk makan secara normal. Kadar gula darah Anda akan diperiksa dalam 2 jam setelah makan. Wajar jika kadar gula darah naik setelah makan. Ini terjadi pada orang sehat dan penderita diabetes. Namun pada orang sehat, kadar gula darah akan kembali normal setelah 2 jam makan.

Ini karena hormon insulin mereka bekerja secara baik untuk menurunkan kadar gula darah. Kondisi ini tidak terjadi pada diabetisi, hormon insulin mereka mungkin tidak bekerja secara normal. Itu sebabnya gula darah mereka tetap tinggi bahkan setelah makan selama 2 jam. Berikut adalah tingkat normal dari tes gula darah 2 jam postprandial.

3. Saat tes glukosa darah

Tes gula darah ini dilakukan setiap saat, tidak perlu berpuasa sebelumnya, atau Anda dapat mengatakan tanpa syarat. Namun, penelitian ini biasanya hanya digunakan untuk penderita diabetes. Jadi, jika Anda sudah memiliki tes gula darah di rumah, Anda dapat melakukan pemeriksaan ini secara mandiri. Ini adalah kategori tingkat gula darah Anda sesuai dengan tes gula darah saat ini. Jika Anda memiliki diabetes dan telah melakukan pemantauan glukosa darah, kadar gula darah Anda juga diharapkan tetap pada tingkat normal. Jika Anda melanjutkan dengan angka normal, Anda dapat mengatakan bahwa diabetes Anda terkendali dan risiko komplikasi yang rendah.

Bisakah saya memeriksa gula darah sendiri di rumah?

Saat ini, banyak alat bantu sederhana untuk mengendalikan kadar gula darah dijual. Alat yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk memeriksa kadar gula darah Anda setiap saat. Terutama jika Anda menggunakan obat-obatan yang menekan gula darah, yang dapat menyebabkan risiko hipoglikemia atau gula darah rendah. Jika Anda benar-benar ingin membeli tes gula darah untuk melakukan tes sendiri, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pastikan Anda memahami cara menggunakan perangkat dan cara melakukan tes darah yang benar.

Seberapa sering tes gula darah, setiap orang akan berbeda. Ini tergantung pada perawatan yang diberikan. Jika Anda menerima lebih banyak obat yang dapat menyebabkan kadar gula darah Anda turun secara dramatis, Anda akan diminta untuk memeriksa kadar gula darah Anda lebih sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *